Daftar HP Xiaomi Yang Resmi di Indonesia, 2019

3 min read

Xiaomi, seperti yang kita tahu bahwa smartphone ini sangat populer di Indonesia. Dengan harga yang murah namun spek yang di dapat mumpuni. Tapi tahukah kamu apa saja daftar hp xiaomi yang resmi di Indonesia? Apa saja perbedaannya, kelebihan dan juga kekurangannya?

Di pasar Indonesia sering kita jumpai counter hp yang menjual hp xiaomi dengan harga murah dan ada yang harga mahal padahal itu satu seri. Misalnya saja redmi note 3. Ada yang dijual dengan harga 1.700.000 dan ada yang 2.200.000. Kenapa kok selisihnya sangat mahal, apa pihak counter hp yang nakal membandrol barang yang lagi laris manis seenaknya?

Tidak, disinilah kita berifkir ternyata yang membedakan adalah garansi resmi dan tidak resmi. Dari perbedaan garansi tersebut, harga memang mengalami selisih antara 300.000 sampai 500.000. Lalu sebegai pembeli, apakah kita akan selalu tergiur dengan harga yang lebih murah? Tentu saja, kalau dijawab jujur. Tapi apakah selesai sampai disitu?

Sepertinya banyak yang harus kita tahu sebelum membeli xiaomi yang tidak resmi. Dari kedua sisi memang punya kelebihan dan kekurangan. Tapi menurut Mamenit sendiri tentu saja banyak kekurangannya.

Daftar HP Xiaomi Yang Resmi di Indonesia Apa Saja?

Sebelum itu mari kita bahas dulu, apa sih yang dimaksud dengan garansi resmi dan tidak. Dan apa saja perbedaannya?

Tentang Xiaomi Garansi Resmi Indonesia

  1. adalah xiaomi yang di import secara legal oleh distributor resmi xiaomi indonesia. Semua proses berjalan secara legal, seperti melewati proses biaya pajak mendatangkan barang dari luar negri.
  2. Semua serial number atau imei dari hp xiaomi terdaftar dalam database seluruh operator yang ada di dalam Indonesia. Untuk apa? Misalnya profider tertentu mengadakan promo paketan internet. Seperti telkomsel dengan Paket TAU, yang memberikan promo kepada pelanggan dengan hp dan seri tertentu. Darimana telkomsel tau kalau kita menggunakan hp xiaomi dengan seri mi4i (misalnya)? Tentu dai serial number yang sudah di daftarkan.
  3. Semua aksesoris yang di dapat dalam dosbook original. Kabel dan kepala charger, masih dalam kondisi baru dan original. Manual Book dan Buku Garansi yang support sudah berbahasa Indonesia. Untuk kabel dan kepala charger, memang kadang saat kita membuka dosbook hp yang baru, klip plastiknya kadang sudah sobek atau bedah, namun itu bukan karena di tukar dengan yang kw, tapi untuk di check bahwa aksesoris tersebut benar benar berfungsi. Ini sebabnya garansi resmi jarang ada perangkat aksesorisnya yang rusak. Karena dari awal sudah di cek olek pihak distributor resmi.
  4. Kelemahannya adalah harga yang lebih mahal. Tapi disini juga menjadi kelebihannya, bahwa xiaomi dengan garansi resmi memang di bandrol dengan harga yang mahal, tapi juga saat anda ingin menjualnya kembali masih memiliki patokan harga yang mahal. Jadi xiaomi garansi resmi memiliki harga bekas yang lebih mahal, atau tidak anjlok.
  5. Jaringan seluler yang sudah support 4G LTE. Meskipun user melakukan update firmware rutin tidak akan kehilangan setingan 4G LTE di setiap provider.
  6. Firmware Glolbal, dimana anda bisa menemukan setingan bahasa Indonesia jika menggunakan xiaomi garansi resmi. Juga os yang bersih, bebas dari sisipan sisipan iklan yang mengganggu.

Tentang Xiaomi Garansi Distributor (Tidak Resmi)

  1. Xiaomi yang tidak resmi di import oleh distributor atau pihak ketiga. Beberapa ada yang melewati dan bersedia membayar pajak. Tapi juga ada distributor yang melakukan kecurangan untuk menghindari pajak. Entah dengan cara apa yang penting xiaomi tersebut bisa masuk ke Indonesia tanpa melewati cukai.
  2. Imei tidak terdaftar dalam kementrian dan provider Indonesia. Seperti paket TAU dari Telkomsel yang sudah saya bahas di atas tadi. Xiaomi garansi tidak resmi tidak bisa menikmati promo paket internet tersebut, meskipun memiliki tipe yang sama dengan garansi resmi. Karena nomor imei yang ada pada fisik tidak terdaftar dalam provider indonesia.
  3. Aksesoris kw, karena yang ori dari luar negri sudah ditukar dengan aksesori biasa yang murahan. Hal ini dilakukan mungkin untuk mengambil keuntungan yang lebih besar. Acc yang ori dalam dosbook di tukar, dan di jual lagi. Manual Book atau buku panduan berbahasa asing.
  4. Jaringan tidak mendapatkan izin dari 4G Lte Indonesia. Terkadang memang saat anda membeli xiaomi dengan garansi distributor, sinyalnya memang muncul 4G, tapi pada saat anda melakukan upgrade sistem maka sinyal 4G hilang, hanya 3G yang muncul. Lalu kenapa kok di awal pertama beli bisa muncul 4G? ini karena OS sudah di custom seorang profesional. Untuk gampangnya, hp tersebut sudah di oprek sebelum di pasarkan.
  5. OS (Operating System) yang kotor, banyak iklan mengganggu. Di sini distributor tidak hanya mengambil keuntungan dari mengambil aksesoris saja. Tapi juga dengan cara menyisipkan iklan pada bagian bagian tertentu. Jika iklan tersebut di klik atau di akses oleh pengguna, maka distributor pun juga mendapatkan keuntungan.
  6. Rom yang digunakan adalah rom china. Tentu tidak support dengan bahasa Indonesia. Tidak adanya layanan Google, seperti google play store, play service, google play game.
  7. Harga jual yang begitu anjlok. Meskipun xiaomi garansi distributor mempunyai harga murah, ternyata untuk harga bekasnya sangatlah anjlok. Berbeda dengan yang bergaransi resmi.

Dari beberapa yang kami jelaskan di atas tentang artikel daftar hp xiaomi yang resmi di indonesia. tentu sudah bisa membedakan dong apa saja kelebihan dan kekurangan dari xiaomi garansi resmi dan distributor (tidak resmi).

Apa saja daftar hp xiaomi garansi resmi yang ada di Indonesia?

Semua hp xiaomi yang ada di Indonesia tidak bisa dibedakan berdasarkan tipe apa saja yang masuk dalam kategori ke garansi resmi dan distributor.

Seperti hp xiaomi redmi note 7 ada yang garansi resmi dan tidak. Lalu untuk membedakannya bagaimana? Anda bisa melihat stiker segelnya. Jika segel tersebut dibalut dengan stiker garansi resmi maka xiaomi tersebut adalah garansi resmi. Untuk itu kawan harus tahu apa saja garansi resmi yang ada di Indonesia.

Sampat ini hanya ada TAM (teletama artha mandiri) dan Erajaya yang ada di Indonesia. Jadi dengan kata lain jika anda menemukan :

  • Xiaomi Mi 9,
  • Redmi Note 7 Pro,
  • Xiaomi Mi 9 SE,
  • Xiaomi Redmi Go,
  • Xiaomi Mi 9 Explorer,
  • Redmi Note 7,
  • Xiaomi Mi Play,
  • Xiaomi Mi Mix 3,
  • Xiaomi Redmi Note 6 Pro,
  • Xiaomi Mi 8 Lite,
  • Xiaomi Black Shark Helo,
  • Xiaomi Mi 8 Pro,
  • Xiaomi Redmi 6A,
  • Xiaomi Redmi 6,
  • Xiaomi Pocophone F1

Terpasang stiker atau segel garansi dengan logo TAM / Erajaya maka sudah bisa dipastikan bahwa xiaomi tersebut bergaransi resmi. Seperti ini contoh gambar dosbook xiaomi dengan segel garansi TAM.

daftar hp xiaomi yang resmi di indonesia

Sekarang kawan Xiaomi Indonesia sudah paham dan bisa membedakan kan daftar hp xiaomi yang resmi di indonesia dengan yang tidak resmi atau garansi distributor? Semoga artikel ini bisa menjadi acuan kawan sebelum membeli hp xiaomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *