Cara Mematikan Antivirus Windows 10 (Windows Defender)

Windows Defender adalah system keamanan yang terdapat pada windows, lebih sering kita menyebutnya dengan anti virus. Windows defender ini memang disediakan oleh Microsoft dalam Windows 10, punya proses proteksi yang sangat bagus menurus saya. Lalu kenapa kok malah kasih tutorial cara mematikan antivirus di windows 10 ini. Sebenarnya ada banyak alasan.

Beberapa ada yang sengaja mematikannya karena windows defender terlalu sadis dalam menyapu file. Seperti ada file yang di anggap terlalu berbahaya buat kesehatan windows, si defender ini langsung menyikatnya tanpa basa basi. Ada juga yang menonaktifkan antivirus di windows 10 ini karena ingin menginstal aplikasi yang mengandung keygen atau crack (biasanya file jenis ini selalu di curigai sebagai virus meskipun bukan).

Dalam kesempatan kali ini, admin menuliskan panduan cara mematikan antivirus pada windows 10 (home, basic, pro dan ultimate). Ada beberapa cara, melalui cara yang ribet sampai dengan cara yang simple. Kawan bisa memilih sendiri suka menggunakan cara untuk menonaktifkan windows defender yang mana, tergantung selera. Tapi kalau buat bahan belajar, saran saya pelajari semuanya, dibawah ini.

Cara Mematikan Antivirus Pada Windows 10 (Windows Defender)

Ada 3 cara yang bisa kawan gunakan, di antara lainnya adalah menggunakan pengaturan pada Group Policy, keduan dengan Registry Editor dan yang terakhir adalah menggunakan menu seting Security Center.

Mematikan Antivirus Windows Defender Melalui Group Policy

  • Untuk masuk Group Policy ini bisa langsung ketik saja pada Cortana. Atau melalui Run, dengan cara tekan kombinasi keyboard tombol Windows + R. Setelah berhasil buka Run, kini ketik perintah gpedit.msc. Lalu enter untuk meng-eksekusinya.
cara mematikan antivirus windows 10
  • Sekarang anda sudah mendapatkan tampilan muka Group Policy Editor. Untuk mulai menonaktifkan antivirus, masuk pada bagian Windows Defender. Navigasinya adalah sebagai berikut : Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender.
cara mematikan antivirus windows 10
  • Pada bagian kanan, cari file setting dengan nama Turn off Windows Defender Antivirus. Ketemu? Double Klik.
cara mematikan antivirus windows 10
  • Sekarang untuk menonaktifkan windows defender ini, kawan cukup perlu mengubah setting statusnya menjadi Enable. Lalu ApllyOke, selesai.
cara mematikan antivirus windows 10
  • Untuk mengaktifkan kembali, kawan tinggal ulangi langkah ini dan kemudian seting ke Disabled.

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 Melalui Registry Editor

  • Untuk membuka Registry Edit juga bisa melalui langkah yang seperti di awal tadi, yaitu dengan kombinasi tombol Win dan R. Di form RUn, ketik perintah regedit lalu Enter.
cara menonaktifkan windows defender
  • Arahkan Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender. Di sini kawan perlu menambahkan perintah baru, caranya klik kanan pada bagian bar sebelah kanan.
cara menonaktifkan windows defender
  • Masih lanjutkan, Klik kanan > New dan pilih DWORD (32-bit) Value.
cara menonaktifkan windows defender
  • Beri nama Windows Defender di bagian tersebut. Awas jangan salah nama.
cara menonaktifkan windows defender
  • Sesudah berhasil membuat registry Windows Defender, klik dua kali untuk eksekusi atau edit registry-nya. Pada bagian Value, ubah 0 menjadi 1. Dan selesai.
cara menonaktifkan windows defender
  • Di langkah ini, jika ingin mengaktifkan kembali antivirus atau windows defender, kawan tidak perlu menghapus yang baru saja di buat ini. Tapi cukup ubah 1 kembali mejadi 0 agar Windows Defender aktif kembali.

Cara Disable Windows Update di WIndows 10 Lewat Security Center.

  • Pertama buka Windows Defender yang ada pada windows kawan. Seperti ini, klik Setting.
cara mematikan antivirus
  • Dan kini anda pun sudah berada dalam setting Windows Defender, di windows 10. Ini langkahnya adalah yang paling Muda. Kawan hanya perlu melakukan disable dengan cara mendisable Real Time Protection.
cara mematikan antivirus

Setalah disable, kawan pun sudah berhasil Menonaktifam windows 10, dengan begitu anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan file penting yang dianggap meskipun itu yang dimana kita tahu file tersebut sebenarnya bukan lah virus.

Dengan 3 pilihan cara untuk mematikan atau menonaktifkan windows defender win 10, tentu saja kawan tidak perlu khawatir lagi akan hilangnya file yang terhapus secara tiba tiba karena dicurigai sebagai virus.

Itulah langkah langkah yang Mamenit bisa sediakan disini, kurang lebihnya bila ada yang salah mohon dimaafkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *